Bangunan sejarah candi muara

Bangunan sejarah candi muara Jum'at, 26 Oktober 2018

Candi Muara Takus merupakan salah satu cagar budaya nasional Indonesia. Terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan Tigabelas Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Tempat ini menjadi salah satu objek wisata terkenal di Riau, bahkan Indonesia. Pengunjung bukan hanya ingin melihat dari dekat peninggalan sejarah masa lalu itu, tapi banyak juga yang menggelar iven bersama rekan kerja ataupun keluarga.


Candi Muara Takus, Jejak Kerajaan Sriwijaya di Provinsi Riau - JPNN.COM

Candi ini terletak sekitar 128 kilo meter dari Pekanbaru, arah ke Sumatera Barat (Sumbar). Hamparan Danau PLTA Koto panjang yang membentang di sisi kanan kiri jembatan baja, memanjakan mata memandang sebelum memasuki jalan kecil arah ke kanan menuju Candi Muara Takus. Setelah  melewati Desa Tanjung Alai, Gulamo, Batu Bersurat dan Koto Tuo, candi itupun terlihat. Jalan yang ditempuh, beraspal mulus. Hanya beberapa bagian saja yang rusak.

Candi muara takus merupakan candi Buddha, candi yang berada di atas lahan 74x74 meter memiliki ukuran bangunan candi sebesar 32,80 x 21,80 meter yang merupakan candi terbesar di komplek candi ini sedangkan yang terkecil berukuran 10,44 x 10,60 meter sedangkan tinggi dari andi ini adalah 14,30 meter.

Jika anda adalah wisatawan yang ingin mengunjungi candi muara takus namun tidak memiliki mobil untuk sampai ke lokasi dari pekanbaru banyak rental mobil murah di pekanbaru

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar



Kode Verifikasi: